Beranda | Artikel
Pelajaran dan Hikmah dari Hadits-Hadits seputar Ramadhan (Ustadz Abu Qatadah)
Sabtu, 19 Juli 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Qatadah

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Qatadah

Ringkasan Ceramah Agama: Pelajaran dan Hikmah dari Hadits-Hadits seputar Ramadhan

Pada ceramah kali ini, kita tidak akan berbicara khusus berkaitan dengan fiqih Ramadhan, akan tetapi hadits-hadits tentang Ramadhan yang berkaitan dengan sisi aqidah, manhaj, dan akhlaq.

Hadits ke-1 dan ke-2: Keutamaan Puasa dan Shalat Malam (Qiyam Ramadhan) di Bulan Ramadhan

Kedua hadits adalah dari Abu Hurairah dan keduanya diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, di mana Baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yang puasa Ramadhan dengan dasar iman (iman kepada Allah, iman kepada RasulNya, dan iman atas disyariatkannya; dia mengimani, bahwa puasa itu adalah wajib dan adalah rukun di antara rukun Islam) dan mengharap ganjaran / pahala dari Allah (dia tidak melakukannya dengan dasar riya’ dan sum’ah), maka telah diampuni dosa yang telah lalu.”

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yang menunaikan shalat malam di bulan Ramadhan dengan dasar iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka akan diampuni dosa yang telah lalu.”

Pembahasan masih panjang dan manfaat yang bisa dipetik insya Allah masih sangat banyak. Mari kita simak lanjutan ceramah agama hingga keseluruhan 10 haditsnya untuk menyimak berbagai pelajaran dan hikmah dari puasa dan bulan Ramadhan.

Download Ceramah Agama: Ustadz Abu Qatadah – Pelajaran dan Hikmah dari Hadits-Hadits seputar Ramadhan

Ayo tunggu apa lagi? Yuk, like / share, tweet, dan +1 ceramah ini, sehingga bisa tersebar ke saudara-saudara Muslimin kita yang sedang menggunakan Facebook, Twitter, dan Google+-nya, insya Allah bermanfaat dan berpahala! Aamiin. Langsung saja gunakan tombol-tombol di bawah ini.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/7606-pelajaran-dan-hikmah-dari-hadits-hadits-seputar-ramadhan-ustadz-abu-qatadah/